NEWS

Federasi Sepakbola Eropa, UEFA, mengaku sudah berbuat semaksimal mungkin agar Henrikh Mkhitaryan bisa berlaga di Final Liga Eropa 2018-2019 bersama Arsenal. Namun, badan yang bermarkas di Nyon, Swiss, tersebut, menghormati keputusan yang diambil oleh pemain asal Armenia tersebut.

Henrikh Mkhitaryan akhirnya memutuskan untuk menarik diri dari Final Liga Eropa 2018-2019 setelah mempertimbangkan beberapa opsi. Pria berusia 30 tahun itu tidak mengungkapkan alasan di balik keputusan tersebut, tetapi banyak pihak sudah mafhum.

UEFA mengklaim sudah mendapat jaminan atas keselamatan Henrikh Mkhitaryan jika jadi pergi bersama Arsenal ke Baku, Azerbaijan. Rencana mengenai pengamanan khusus tersebut juga sudah disampaikan kepada Arsenal sebelum akhirnya sang pemain mengambil keputusannya sendiri.

“Bekerja sama dengan Arsenal, UEFA sudah mencari dan menerima jaminan mengenai keselamatan sang pemain dari otoritas keamanan tertinggi Azerbaijan. Sebagai hasilnya, rencana pengamanan yang komprehensif sudah kami sampaikan kepada klub,” bunyi pernyataan resmi UEFA.

“Klub sudah mengetahui upaya dari UEFA dan Pemerintah Azerbaijan mengenai masalah ini, tetapi kami menghormati keputusan pribadi untuk tidak bepergian dari sang pemain,” imbuh pernyataan tersebut.

Perlu diketahui, Armenia dan Azerbaijan terlibat konflik dalam perebutan wilayah Nagorno-Karabakh yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Mkhitaryan, yang berasal dari Armenia, dikhawatirkan akan mendapat sambutan tidak menyenangkan dari warga Azerbaijan apabila memperkuat Arsenal di Final Liga Eropa 2018-2019.

Manajer Arsenal, Unai Emery, ikut mengomentari keputusan Henrikh Mkhitaryan untuk tak ambil bagian ketika klubnya menghadapi Chelsea di final Liga Eropa musim 2018-2019. Emery pun menghormati keputusan yang telah diambil Mkhitaryan tersebut.

Kejelasan apakah Mkhitaryan bakal tampil bersama Arsenal di final Liga Eropa 2018-2019 memang sempat simpang siur dalam beberapa hari terakhir. Alasannya Mkhitaryan yang berkewarganegaraan Armenia dilarang masuk Azerbaijan sebagai Negara penyelengara final Liga Eropa musim ini.

Pihak Arsenal sendiri memang sempat membahas masalah Mkhitaryan tersebut kepada UEFA selaku induk sepakbola Eropa, pemerintah Azerbaijan, serta Asosiasi Sepak Bola Azerbaijan (AFFA). Tujuannya adalah memberikan keringanan kepada Mkhitaryan untuk tampil di final Liga Eropa 2018-2019.