NEWS

Juara Piala Dunia 2018 Prancis harus menelan kekalahan atas Turki dalam lanjutan pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Torku Arena, Turki, Minggu (9/6). Prancis harus mengakui keunggulan tuan rumah Turki yang tampil sangat bagus di depan pendukungnya pada laga tersebut. Sehingga Prancis harus rela menyerah dengan skor 2 gol tanpa balas.

Bertandang ke Turki, sang pelatih Didier Deschamps membawa sejumlah nama bintang seperti yang tampil pada final Piala Dunia 2018 kemarin. Hugo Lloris, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, hingga Olivier Giroud. Tak dapat membawa Prancis meraih kemenangan dalam pertandingan tersebut. Buruknya permainan Prancis pada laga tersebut membuat pasukan Les Bleus hanya membuat empat kali percobaan tembakan kedalam gawang. Dan tak ada dari satupun tembakan tersebut yang berhasil mengenai sasaran. 

Sementara itu Turki yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri bermain sangat baik di laga tersebut. Tercatat Turki mampu melepaskan 11 tembakan menuju gawang serta enam di antaranya tepat sasaran. Skuad asuhan Senol Gunes tersebut berhasil unggul pada menit ke-30 lewat aksi Kaan Ayhan. Diawali free kick ke tiang jauh, bola disundul Merih Demiral ke depan gawang dan di sana Kaan Ayhan yang menyundulnya kembali untuk membobol gawang Hugo Lloris. 1-0 untuk keunggulan Turki. Tak perlu waktu lama Turki kembali menggandakan keunggulan pada menit ke-40 setelah Cengiz Under berhasil melepaskan tendangan ke sisi kanan gawang Hugo Lloris. Berawal dari kesalahan Paul Pogba pada saat menguasi bola membuat pemain Turki dengan mudah merebutnya dan langsung memberikan umpan kepada Cengiz Under. Keunggulan Turki bertahanan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Turki memperlambat tempo permainan sehingga Prancis kesulitan dalam melakukan serangan. Sementara itu Prancis yang tak mau mengalami kekalahan terus mencoba melakukan perubahan strategi. Didier Deschamps memasukan Wissam Ben Yedder guna menggantikan Oliver Giroud. Namun hingga pertandingan babak kedua berakhir tak ada lagi gol yang tercipta. Dengan hasil tersebut membawa Turki memuncaki klasemen sementara grup H dengan 9 poin dari tiga kali kemenangan yang di peroleh. Sementara itu France harus berada di posisi kedua dengan 6 poin.